Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mulai bulan Februari tahun 2018

Tanjung,InfoPublik – Program bantuan pangan berupa subsidi Beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra) pada 2017 akan berubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mulai bulan Februari tahun 2018 ini.Dimana peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang mendapatkan beras tidak lagi menerima bantuan dalam bentuk barang atau beras, tetapi menerima bantuan non tunai, berbentuk kartu yang dikeluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Bupati Tabalong,H.Anang Syakhfiani dalam sambutannya, pada saat membuka acara kegiatan Sosialisasi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk masyarakat miskin berpendapatan rendah di Kabupaten Tabalong Tahun 2018 bertempat di Gedung Pendopo Bersinar ,Selasa (6/2).

Dijelaskannya, bahwa BPNT dalam bentuk kartu tersebut mempunyai nilai sama dengan bantuan beras yang dulu diberikan.

“Dulunya sebanyak 15 kg tetapi sekarang menjadi 10 Kg,akan tetapi Pemkab Tabalong nantinya berupaya akan menambah lagi 10 Kg ,tapi tidak sekarang, harus melalui proses ,kemungkinan besar tahun 2019 baru terealisasi .”Lanjutnya,

Sementara itu terkait kegiatan sosialisasi ini , pesan bupati Anang kepada peserta yang hadir agar memanfaatkan sebaik baiknya sosialisasi ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

“Jika peserta sosialisasi sudah paham nantinya ketika akan bertugas untuk memberikan informasi dan menjawab pertanyaan tentang perubahan tersebut kepada warga Penerima Manfaat (KPM) tentang bantuan non tunai terkait kartu non tunai, BUMdesmart dan E-Warung akan semakin mudah dan jelas lagi dalam pelaksanaannya,”Tuturnya.

Diacara yang sama , Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong,Yuhani mengatakan kegiatan sosialisasi ini yang diikuti 12 orang Kasi Kesra Kecamatan, 131 Sekretaris desa dan kelurahan dan 24 Perwakilan BUMDesmart,dan E-Warung dengan total jumlah peserta sebanyak 167 dengan tujuan peserta mendapatkan pengetahuan dasar dan memahami apa itu BPNT yakan akan dilaksanakan mulai Februari 2018-2019.

“Bagi peserta yang sudah paham ,tugasnya selain untuk menjelaskan tentang BPNT juga akan menjelaskan tempat penukaran ,apa saja yang boleh dan tidaknya untuk dibeli. “Kata dia

Lanjutnya, kalau warga penerima manfaat sudah mempunyai beras dirumah, boleh membeli barang lain, asalkan kebutuhan pokok yang sudah ditentukan sudah dibeli,dengan tidak melebih nominal yang sudah ditentukan sebesar 110 ribu rupiah.”Tambah dia.

Adapun jumlah kartu BPNT dari data pusat sendiri sebanyak 9.555 buah KPM ,dan dari BPNT daerah berjumlah 2.661 ,”Sedangkan kartu yang akan dibagikan dalam waktu dekat di Kabupaten Tabalong sebanyak 6.109 buah paling lambat tanggal 25 februari harus sampai ke KPM “Pungkasnya.(MCTabalong).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *