Tanjung,InfoPublik  –  Jelang pelaksanaan peringatan Haul ke -18 Syekh Muhammad Nafis bin Idris Al Banjari yang digelar di Kabupaten Tabalong tepatnya di Desa Binturu ,Kecamatan Kelua pada hari Minggu (14/01) mendatang  sudah hampir siap di atas 90 persen dari segi fasilitas.

Fasilitas tersebut mencakup, Toilet  bertambah  empat buah, pendopo tempat istirahat atau duduk bagi jemah ada dua buah,dan  lahan parkir yang luas.serta adanya tulisan berupa plang penunjuka arah jalan bagi jemaah yang diluar daerah agar tidak tersesat.

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong pun juga turut  berpartisipasi dalam memperindah dan menghias fasilitas sekitar makam tersebut.

Sedangkan untuk ketertiban dan keamanan sendiri nantinya ada beberapa personil dari kepolisian, Danramil, serta juga dibantu dari organisasi  katak trail Kecamatan kelua sebanyak 38 personil  yang akan diperbantukan dalam pengamanan parkir dan keamanan lingkungan, dari Pramuka SMK Annor sebanyak 60 orang , Pemuda Panca Marga Kabupaten tabalong s40 orang personil dimana nantinya akan diperbantukan dalam keamanan dan kebersihan dikegiatan berlangsung.

Ketua Pengelola sekaligus panitia pelaksana ,H.Khairani mengatakan untuk semua fasilitas hampir siap semua jadi  tinggal pembersihan area saja.”Katanya.

Meski siap dari segi fasilitas,  dari segi teknis masih ada beberapa yang belum siap yaitu untuk koordinir undangan bagi pejabat daerah masih belum ada konfirmasi, siapa yang melakukannya. “Itu apakah dari pihak panitia pemerintah kabupaten atau dari kami panitia pengelola.”tambahnya.

Selain itu ia menghimbau kepada penziarah atau jemaah  untuk kelancaran acara tersebut agar menjaga ketertiban dan keamanan bersama ,”Sebaiknya datang lebih awal agar nantinya kami bisa menata baik dari tempat duduk dan parkir transportasi.”Bebernya.

Selain itu nantinya bagi jemaah yang sudah usia lanjut atau dengan kaki  yang tidak memungkinkan untuk berjalan nantinya akan diberikan ojek gratis agar dibawa ke tempat acara berlangsung.

Sedangkan untuk konsumsinya nantinya selain dari panitia juga akan disediakan warung gratis yang dikoordinir oleh kelompok Guru IPA dari Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Tabalong, dimana dananya berasal dari  kumpulan sukarela.

Acara yang dimulai jam 8 pagi nantinya akan dihadiri oleh beberapa ulama seperti Habib Umar Al Faqih , serta undangan pejabat pemerintah daerah Kabupaten Tabalong dan dipimpin langsung  KH Asmuni atau lebih dikenal Guru Danau.

Terakhir , H,Khairani Selaku Panitia Pelaksana ,mengharapkan  untuk acara berikutnya  kepada pemerintah daerah agar acara tersebut bisa terlaksana tepat waktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Hal Tersebut  karena pada hari tersebut  tepatnya 14 Rabiual Akhir setelah bulan Maulid ,malam harinya banyak undangan dari luar daerah yang datang untuk menginap ,karena mereka sudah punya jadwal sendiri.”jelasnya.(MC Tabalong/Sy/Eyv).